3 Komentar

[Share]Kamus Kecil Bahasa Kaskus


Kamus Kecil Bahasa Kaskus ini hanya fiktif belaka dan hanya terjadi di dunia kaskus dan bukan merupakan opini publik namun opini penulis semata. Adanya kesamaan nama, tempat, kejadian, pendapat hanya kebonengan semata dan bukan secara sengaja. Adanya ketidaksamaan pikiran dan pendapat serta kata-kata/jargon khas kaskus yang tidak dimuat dalam kamus kecil ini dimohon untuk disalurkan melalui tanggapan/reply-an Juragan. Penulis menerima sumbangan pikiran, kritik, saran yang mengarah kepada perbaikan dan penyempurnaan isi kamus. Penulis berharap tidak menerima bata, tanggapan nge-junk atau bahkan cendol ijo sekalipun. Silahkan Juragan menilai dengan jujur bukan dengan hati nurani ! Akhirnya semoga kamus kecil ini bisa bemanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan bagi Nubi-nubi yang menggemaskan sekaligus mencemaskan dan mengkhawatirkan. He He He .. [Ane Bikin disclaimer kayak bikin kata pengantar Tugas Akhir ya ?

1.Boneng = benar = Ah yang Boneng ? = Ah Yang benar ?

2.Kamsudnya = maksudnya

3.Trit = thread = postingan

4.TS = Ts = Pencetus / Pembuat trit

5.Nubi = Newbie = pendatang baru = kaskuser baru = status otomatis kaskus untuk para anggota baru yang mendaftar namun Newbie juga berlaku untuk anggota lama yang tidak terlalu aktif dalam membuat postingan, menanggapi postingan, atau kaskuser pasif yang hobinya cuma nonton/ngamatin/diem-diem nyumpahin/ngetawain postingan di kaskus.

6.Nubitol = Nubi tolol = ledekan / hinaan / hujatan / kritikan terhadap Nubi yang membuat trit yang ngasal sekaligus ngeselin yang tidak jelas kamsud dan tujuannya.

7.Agan = Juragan = kaskuser = sapaan resmi sesama anggota kaskus. Sapaan tidak resmi termasuk Lo, Loe, Ente, kau, kamu

8.LanjutGan ! = plesetan dari Lanjutkan Juragan ! = Lanjutkan Gan !

9.Nais inpo = nais inpoh = nice info = info yang bagus

10.Mimin = sebutan untuk moderator cewek

11.Momod = sebutan untuk moderator cowok

12.Alay = http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2524035

13.Komen = komentar = Reply-an = tanggapan = jawaban terhadap trit 14.Mangstab = mantap = hebat = Tanggapan Pujian terhadap trit yang mengilhami, memberi informasi baru, membuka wawasan baru sekaligus membuat wacana baru bagi kaskuser yang membacanya.

15.Sotosop = sotoysop = photoshop = foto yang dibuat-buat = foto hasil suntingan [edited photo] yang nyaris priceless karena saking banyaknya di kaskus.

16.Nyimeng = Nyimenk = nyimak = menyimak : nyimeng dulu = menyimak dulu : ijin nyimeng = ijin menyimak = ijin membaca trit

17.Sundul – sundul = bantu bikin trit terkenal dengan menggunakan ikon khusus sundul – sundul

18.Ngejunk = nyampah = bikin posting trit dan juga tanggapan/jawaban [reply] trit pake gambar/photo yang gede/panjang = bikin trit tidak jelas kamsud/arah/tujuan-nya = trit sara = trit ngajak berantem, trit fitnah, trit provokasi dll.

19.Autobanned = Status kaskuser yang bermasalah

20.Pertamax = pertama x = pertama kali = Ekspresi/istilah/sebutan untuk jawaban/tanggapan [reply] yang paling pertama terhadap trit baru = sering diikuti oleh kata-kata keduax, ketigax, ke 4 dst tidak/belum terdaftar. Pertamax biasanya diikuti oleh gambar-gambar, photo-photo nan lucu, heboh, unik dan menggelitik, kadang membuat muak/iri/jeles kaskuser lain yang susahnya minta ampun untuk bisa pertamax.

21.Page One = halaman pertama = Putus asa tidak dapat mejeng di pertamax ? Harus cukup puas mejeng di halaman pertama bersama dengan postingan dan tanggapan kaskuser lain. Biasanya halaman pertama ini selain menampilkan trit postingan juga sekitar 20 tanggapan akan mejeng di halaman pertama, tergantung besar tidaknya trit dan tanggapan.

22.Repsol = Repost = Memposting/mengulang secara tidak sengaja atau malah disengaja, trit yang judul, tema, foto, gambar, berita, gossip, humor, lawakan yang sebonengnya sudah pernah di posting kaskuser lain sebelumnya [Biasanya dilakukan oleh Kaskuser pendatang baru / Nubi yang terlalu bersemangat untuk berbagi tanpa mengadakan riset terlebih dahulu dengan melakukan pencarian di fasilitas pencarian kaskus].

23.Bata = alat resmi (primitif) selain “ikon tahi diatas kepala” yang terdaftar di kaskus untuk yang digunakan para kaskuser untuk saling timpuk, tawuran, candaan yang menjurus pada tindakan kekerasan virtual atau lebih dikenal dengan KDRK [Kekerasan Di Ruang Kaskus]. Bata ini bisa dalam wacana tulis maupun gambar / ikon. Bata bisa pula mempengaruhi reputasi kaskuser. Bisa membuat cendol merah untuk yang mendapatkannya. Bata bisa didapat dengan gratis dan bisa disalahgunakan dengan semena-mena untuk menimpuk dan membuat buruk reputasi kaskuser lain yang tidak disukai karane tulisannya, tingkahnya ataupun barangkali ada yang lempar bata salah sasaran kemudian sembunyikan tangan (lihat cendol). Mudah-mudahan di masa depan kaskus akan menyediakan alat lain yang lebih manusiawi [bukan benda tajam] buat nimpuk kaskuser rese nan ngeselin atau kaskuser yang minta dibata dengan sukarela, semisal tv, kulkas, mesin cuci, printer, meja, kursi, sepeda, motor, mobil, cobek, vocer game, vocer belanja dll, amin ……. ( jaman gene nimpuk pake bata ?!)

24.Iso = Status kaskuser berwarna ijo = diidentikkan dengan cendol -lihat cendol-.

25.Cendol = Reputasi kaskuser = Cendol ini merupakan semacam alat/makanan/minuman pelepas dahaga semu [virtual] resmi satu-satunya di kaskus bisa merepresentasikan sebagai reputasi identitas/kepangkatan/kepatutan/kelayakan/kasta dalam dunia kaskus. Cendol abu-abu = identik dengan kaskuser baru, cendol hijau = identik dengan kaskuser yang sudah lama dan banyak berpartisipasi atau kaskuser baru yang mendapat cendol ijo dari yang sudah nyendol ijo, cendol merah = identik dengan kaskuser yang bermasalah kemudian dibata oleh kaskuser lain, Cendol Ijo bisa digunakan sebagai bentuk apresiasi/hadiah/award/anugerah baik antar sesama kaskuser maupun award otomatis yang diberikan karena keaktifan kaskuser dalam mosting [membuat trit] maupun menjawab [reply] trit kaskuser lain, biasanya diberikan setelah postingan mencapai Rp 2000. Apabila pemberian cendol antar sesama kaskuser tidak terkendali (ngasih cendol asal-asalan, karena murah hati, kasihan dll) maka dimasa depan, cendol ijo bisa dijadikan alat tukar atau bahkan mata uang virtual tak resmi kaskus alias illegal cendolling.

26.Roy Sukro = Royani Suryo = Plesetan dari nama ahli telematika terkenal berinisial RS = bahan guyonan/candaan/ledekan/hujatan khas kaskus, lebih banyak divisualisasikan dalam bentuk gambar/photo RS yang telah mengalami suntingan/editan habis-habisan, paling banyak digambarkan/dibuat foto sotosopnya sebagai cewek/cewek jadi-jadian. Gambar/photo khas RS banyak dipakai untuk tanggapan terhadap trit-trit terutama tanggapan pertamax dan page one bahkan untuk nge-junk.

27.Honocoroco = tengok id : honocoroco = Selebritis dadakan kaskus = Kaskus’s Celebrity of The Year 2009. Untuk yang belum mengenal seleb kita ini silahkan gunakan fasilitas pencarian kaskus untuk lebih mengenal honocoroco.

28.Maho = Istilah/sebutan/singkatan “sopan” yang menjurus pada hujatan halus. Sering diidentikkan dengan singkatan MAnusia HOmo / Gay / Waria / Banci / Bencong / Kaskuser yang status kelaminnya ga jelas [Maaf bukan niat untuk offensif=Pen]. Maho dalam bahasa tulis banyak digunakan sebagai bahan trit-trit guyonan, candaan, bahkan tanggapan / reply ledekan untuk trit-trit yang menjurus kearah permahoan, dll. Maho juga dapat direpresentasikan dengan ikon khusus “Maho”, gambar manusia ijo yang lucu nan cantik dengan bibir yang tebal/dower dengan bulu mata lentik dan mata yang berkedip-kedip. Berbagai macam ikon Maho bahkan telah dibuat secara independen oleh kaskuser yang amit-amit kreatifnya namun usahanya patut diacungi jempol. Belum ada penyelidikan/sensus resmi secara nyata dan resmi yang mendata orientasi seksual alternative para kaskuser diluar pria dan wanita, karena mungkin masih dianggap tabu untuk dibicarakan atau bahkan bukan gagasan yang cemerlang. Namun kenyataan banyaknya trit / postingan abu-abu, mengindikasikan bahwa mereka ada dan telah menjadi bagian dari warna-warni pelangi kaskus.

29. TKP = TeKaPe = Tempat Kejadian Pekara = Tautan/link yang dibuat pembuat trit / penanggap trit yang berhubungan dengan trit/tanggapan yang dibuat. Biasanya TKP ini merupakan sumber langsung dari trit yang di kopas [copy-paste] murni ke kaskus atau kemudian isinya dikurangi, ditambah, dipoles, digosok supaya semakin sip.

30.Reserved = Sudah dipesan = sudah diboking = tulisan yang merupakan tanggapan/reply terhadap trit. Bisa dibuat oleh si pembuat Trit sebagai ruang untuk menambah / mengupdate trit nya apabila tulisan tritnya melebihi kuota yang diijinkan [10.000 kata untuk 1 trit]. Atau dibuat oleh penanggap trit yang kebelet pengen pertamax, belum melihat isi, maksud dan tujuan trit, yang penting hajar komen pertamax, simak kemudian.

31. Hoax : Berita aspal, http://en.wikipedia.org/wiki/Hoax

3 comments on “[Share]Kamus Kecil Bahasa Kaskus

  1. koreksi om

    mimin = admin = andrew darwis, nyang punya kaskus
    momod = moderator (cowo maupun cewe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: