Tinggalkan komentar

Penyebab Gagalnya Presiden terbang ke Belanda


Perjalanan luar negeri Presiden dibatalkan karena pemerintah Belanda tidak bisa menjamin keselamatan dan keamanan dirinya selama di negeri kincir angin tersebut. Pernyataan itu disampaikan Presiden kemarin setelah kunjungannya ke Belanda tiba-tiba dibatalkan.

“Bagi saya, kalau ada kepala negara berkunjung ke negara lain, ada yang berunjuk rasa itu biasa. Bagi saya kalau ada kepala negara berkunjung ke negara lain, termasuk saya, ada ancaman-ancaman keamanan misalnya, itu biasa, tidak boleh surut kalau ancaman atau persoalannya seperti itu. Tetapi yang tidak bisa saya terima adalah ketika Presiden RI berkunjung ke Den Hag, Belanda, atas undangan Ratu Belanda dan juga Perdana Menteri Belanda pada saat itulah pada saat kunjungan digelar sebuah pengadilan yang antara lain untuk memutus tuntutan ditangkapnya Presiden RI. Ingat, berkaitan dengan RMS, berkaitan dengan isu-isu politik seperti itu, tetapi kalau tetap saya lakukan kunjungan ke negeri Belanda  justru akan menimbulkan salah persepsi, salah pengertian dan situasi psikologis yang tidak baik.”

Akankan Indonesia dan Belanda terlibat konfrontasi? Kemungkinan itu muncul sebagai dampak dari dibatalkannya kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Belanda. Pembatalan itu cukup mengundang reaksi kekecewaan dari pemerintah Belanda, sejumlah media Belanda bahkan mengkritisi tajam pembatalan yang disebut sebagai penghinaan terhadap Ratu Belanda.

Pembatalan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Belanda secara mendadak memang sangat mengagetkan. Betapa tidak, pembatalan dilakukan di saat semua persiapan keberangkatan  telah dilakukan dan pesawat sudah akan lepas landas. Satu alasan kuat pembatalan ini karena di Belanda tepatnya di pengadilan Den Hag tengah menggelar sidang tuntutan percepatan penangkapan Presiden RI yang diajukan organisasi RMS. Presiden RI dituntut dalam dugaan pelanggaran Hak Azasi Manusia terkait penahanan sejumlah anggota organisasi RMS.  Jika akhirnya pengadilan mengabulkan gugatan dan tuntutan organisasi RMS, bisa jadi memang punya implikasi hukum yang tidak main-main. Dan keraguan akan jaminan imunitas presiden SBY di negeri Belanda inilah yang akhirnya membuat Presiden membatalkan kunjungannya ke negeri Belanda.

Di Belanda kabar pembatalan kunjungan presiden SBY serta merta membuat banyak pihak kecewa. Di beberapa media Belanda komentar kekecewaan datang dari sejumlah tokoh pemerintahan Belanda. Menteri Luar Negeri Belanda, Maksun Verghagen bahkan menyesalkan batalnya kunjungan SBY yang sudah disiapkan selama berbulan-bulan. Koran online terbesar Belanda, de Telegraph, bahkan menyebut sebagai penghinaan terhadap Ratu Beatrix dan pemerintah Belanda.

Pembatalan kunjungan presiden SBY ke Belanda memang akhirnya menuai kritik tajam. Namun apakah ini lebih jauh akan mempengaruhi hubungan Indonesia Belanda?

Belum ada yang bisa menjamin, yang pasti apa yang menjadi putusan dari pengadilan Den Hag atas gugatan organisasi RMS baru akan dibacakan majelis hakim pukul 9 pagi waktu Belanda atau pukul 3 siang WIB.

 

by Peter SL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: