1 Komentar

7 Film anak-anak terpopuler versi Tanggulangsi….


Tak mudah memang membuat film yang ditujukan untuk anak-anak, tak sekedar menghibur melainkan ketujuh film anak-anak terpopuler berikut ini mampu memberikan sesuatu makna tersendiri.

  • The Sound of Music

Film drama musical yang dibuat tahun 1965 hingga kini masih enak ditonton, The Sound of Music. Film berlatar Eropa sebelum Perang Dunia II ini berkisah tentang sosok calon biarawati bernama Maria diperankan Julie Andrews yang gemar menyanyi pun lihai memainkan alat music. Hingga suatu hari, Mother Ebes sebagai pimpinan biara, menugaskan Maria untuk  mengasuh 7 putra-putri Kapten George Onetrap diperankan Christoper Pleamuth. Kedatangan Maria sebagai pengasuh di tengah-tengah keluarga Kapten Onetrap mengubah semua itu. Lambat laun anak-anak yang semula nakal akhirnya menyukai Maria. Maria mengajak mereka menyanyi dan membuat lagu. Film yang diadaptasi dari theater musical Broadway oleh Richard Franches dan Oscar Hamerstand II ini berhasil memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Director, Sound and Effect Score dan Film Editing. Tidak berlebihan jika pada 2007 lalu American Film Institute memasukan The Sound of Music ke dalam 100 film terbaik sepanjang masa yang tergolong maha karya lantaran pesan-pesan moral dan nilai kebajikan serta pertukaran edukasi yang terkandung di dalamnya.

  • Children of Heaven.

Film Children of Heaven karya produser film terkenal Iran, Manjit Manjidi yang dibuat tahun 1997 mendapat nominasi Academi Award tahun 1998 untuk film bahasa asing terbaik. Film yang mengisahkan cerita kakak beradik Ali dan adiknya Zahra dengan petualangan mereka atas kehilangan sepatu meraka. Children of Heaven telah menerima beragam penghargaan internasional termasuk film festival terbaik tahun1997 dan penghargaan film terbaik dari penonton pada festival film dunia yang ke-21 di Montreal. Film berdurasi 89 menit tersebut mengajarkan kepada anak-anak beberapa nilai luhur. Yang pertama adalah empati yakni saat Ali dan Zahra memberikan sepatu kepada keluarga yang miskin, yang kedua adalah tahu tujuan hidup dan mau memperjuangkannya, dan yang ketiga adalah konsisten, terpancar dari Ali yang menjadi juara 1 tidak merasa bahagia karena bukan juara 1 yang menjadi tujuannya.

  • Home Alone

Dan film anak paling popular bisa jadi hanya dimiliki oleh Home Alone. Film yang direlease tahun 1990 itu tercatat paling fenomenal dan hingga kini masih tetap diputar di layar televisi. Film yang mengisahkan Kevin diperankan Maccoly Calvin yang tidak sengaja tertinggal dirumah saat hari natal sementara orang tua dan saudara-saudaranya pergi berlibur ke Paris, harus mengeluarkan semua triknya untuk menghadapi dua pencuri sial. Aksi Kevin dengan rangkaian triknya itu menjadi kekuatan utama yang sangat menghibur dari film ini. Film yang meraih pendapatan lebih dari 285 juta dollar ini tak ada yang dapat menandingi expresi teriakan Kevin saat kedua tangannya memegang pipinya.

Home Alone 2 – Lost in New York

Sequel berjudul Home Alone 2 Lost in New York yang diluncurkan pada 1992 melanjutkan kesuksesan peran Calvin sebagai Kevin. Keluarga Kevin berencana berlibur ke Miami. Mereka kalang kabut berlarian di Airport untuk mengejar pesawatnya. Seperti biasa, Kevin sibuk sendiri dengan mainannya sehingga tertinggal rombongan. Kevin mengikuti seorang laki-laki yang dikira sebagai ayahnya dan ternyata ia salah naik pesawat dengan tujuannya ke New York. Tak disangka Kevin bertemu dengan dua orang perampok yang sama.

  • Petualangan Sherina

Tak hanya film mancanegara, film dalam negeri pun juga memiliki film anak terpopuler di masanya. Dua bocah mempecundangi orang dewasa tertuangkan dalam film Petualangan Sherina menjadikan fiim besar lantaran dianggap sebagai penanda kebangkitan perfilman nasional. Tak heran jika film yang dibintangi Sherina Munaf dan Derby Romero itu bertahan di bioskop selama berminggu-minggu. Disamping itu pula film karya Riri Riza ini mampu mengundang 1,6 juta penonton ke bioskop. Jika Petualangan Sherina bukan film yang menarik, penontonnya mungkin tak sebanyak itu. Pada kenyataannya, sebagai karya cinema, Petualangan Sherina yang direlease tahun 2000 bukanlah film buruk karena sang sutradara mampu bercerita dengan lancar diselingi lagu-lagu Sherina melebur jadi film drama musical.

  • Spy Kid

Adalah film pertama dari Spy Kid Trilogy. Film ini sukses menjadi film anak-anak terpopuler yang dibintangi oleh Alex Saveka dan Garrel Sabara. Film yang direlease tahun 2001 ini mengisahkan tentang Carmen Cartes, bocah wanita yang mewarisi ketrampilan orang tuanya yang berprofesi sebagai mata-mata. Sutradara Robert Rodrigues kembali meluncurkan hiburan untuk keluarga dalam suatu dimensi baru yakni mempersembahkan film masa depan yang merupakan interaski teknologi tinggi, Spy Kid 3D Game Over. Menggunakan teknologi digital terbaru dalam menyusun gambar 3D, aksi spionase yang dilakukan anak-anak akan mengundang penonton segala usia. Di minggu pertama peredarannya, Spy Kid 3D Game Over tersebut sukses menduduki peringkat pertama Box Office dengan rekor pendapatan kotor 33 juta dollar lebih untuk daerah Amerika.

  • Narnia

Buat yang sudah tidak sabar menanti sequel ke tiga dari Frankcise Narnia, kabarnya rumah produksi 20 Century Fox akan merelease film dengan tajuk The Cronicle of Narnia The Volliage of the down Tridiar pada 10 Desember 2010. Film anak-anak terpopuler sudah terbukti saat film pertamanya beredar, The Cronicle of Narnia The Lion, The Witch and The Wardrobe yang sukses menegumpulkan angka pendapatan sebesar 291 juta dollar untuk di Amerika Utara saja, sedangkan sequelnya The Cronicle of Narnia Prince Kaspian yang direlease pada Mei tahun 2008 tersebut memang sedikit menurun dari sebelumnya yakni mencatat angka-angka sebesar 141 juta dollar.

  • Harry Potter

Walaupun telah memasuki film ke enam, namun petualangan Harry Potter selalu ditunggu penggemar di seluruh penjuru dunia. Terbukti pada film ke limanya menduduki tiga besar film terbaru di sepanjang tahun 2007. Maka tak heran jika beberapa pengamat mengatakan bahwa lanjutan filmnya berjudul The Half Blod Prince, akan tetap menjadi film anak-anak terpopuler. Film ini berkisah saat Harry menemukan sebuah buku bertuliskan milik Half Blod Prince dan berhasil mempelajari tentang masa lalu Lord Fall The Mord yang kelam. Film garapan sutradara David Chief ini menuangkan sisi petualangan dan romantisme menjadi satu yang menjadi daya terik tersendiri. Pemeran di film Harry Potter ini masih seperti di sequel sebelumnya yakni Daniel Radclief, Robert, Emma Watson, Donny Wright, Sirr Michael Camben, Alan Brightman dan Helena.

 

Itulah ketujuh film anak-anak terpopuler yang juga bisa dinikmati oleh semua usia.

 

Sumber : on the spot trans 7

One comment on “7 Film anak-anak terpopuler versi Tanggulangsi….

  1. aq suka filem… children in heaven…seru dan mengharukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: