2 Komentar

7 Fakta Fenomena “ALAY”


Pernah gax sih denger istilah “ALAY”? Entah dari mana asal muasalnya kata “ALAY” ini, namun yang pasti alay telah jadi fenomena baru yang cukup heboh di masyarakat. Alay saat ini diidentikan dengan segerombolan remaja ABG yang memiliki gaya dan ciri-ciri tertentu. Seperti 7 fakta berikut yang biasa ada pada alay.

  1. Ada yang bilang alay itu singkatan dari anak layangan karena kebanyakan dari mereka memiliki rambut merah seperti orang yang sering kena panas matahari karena main layangan, tapi ada juga yang bilang alay itu singkatan dari anak lebay karena emang tingkah laku mereka suka berlebihan. Ngga ada yang tau pasti kapan dan siapa yang mencetuskan istilah alay pertama kali. Namun, dampaknya setelah ini sudah menjadi topik seru yang cukup sering diperbincangkan.
  2. Anak alay juga punya cara tersendiri untuk menuliskan pesan di sms dengan mengetik dan memilih huruf dengan format yang nggak wajar seperti berikut :
  • Mengganti-ganti huruf dengan karakter lain misalnya, huruf i diganti dengan angka 1 atau tanda ! , huruf e diganti dengan angka 3
  • menggunakan huruf besar kecil yang acak dan sesuai dengan ide-ide yang benar
  • mengganti huruf dengan huruf lain agar terlihat lebih imut misalnya, sayang=cayang, maaf=mUupH
  • menulis dengan bahasa inggris tapi dengan ejaan yang sudah dimodifikasi supaya lebih imut misalnya, love=luVV, seperti tulisan berikut yang kalau normalnya sih dibacanya begini “Sayang, maaf ya tadi aku lagi tidur, love you”


  1. Satu lagi yang jadi kebiasaan anak-anak alay, gaya berfotonya yang lumayan seragam. Angel kamera dari atas dengan gaya memonyongkan bibir dan menaruh jari telunjuk di bibir, dan sepertinya aktifitas berfoto menjadi agenda wajib mereka di setiap kesempatan.
  2. Beriktu ini juga nggax kalah heboh, gaya dandanan dan berpakaian mereka emang megang banget, potongan rambut yang agak-agak gak jelas katanya sih gaya ini disebut Emo. Kaos clanti atau kemeja kotak-kotak jadi seragam wajib dan ngga lupa celana model pensil yang besar diatas tapi superketat di bagian bawah dan dipakai sedikit kedodoran sampai boxernya bisa keliatan.
  3. Kita biasa nemuin anak-anak alay ini di deretan depan acara-acara music di televise dengan gerakan-gerakan yang tentu saja heboh dan seragam, tapi kita harus mengakui lho kalau mereka ini cukup kreatif dengan menciptakan gerakan tersebut.
  4. Denger-dengar nich, mereka punya base camp sendiri dan punya aturan tersendiri. Bagi yang sering ngongkrong dan paling alay banget, apalagi pinter nyiptain gerakan unik, bakal sering diajak ke acara-acara musikdan ditaruh di barisan paling depan. Wah…ternyata nggak gampang yah jadi alay.
  5. Terakhir. Anak alay tuch..identik dengan rasa percaya diri yang tinggi. Mereka rela lho dandan di mana aja cuma demi keliatan eksis dan mereka nggak akan sungkan-sungkan menyapa siapa aja yang lewat meski artis sekalipun.

Fenomena alay ini emang hebonh banget dan komunitas     mereka ternyata lumayan banget. Terlepas dari segala cap yang disandang mereka, ternyata nggak mudah lho jadi “ALAY”.

2 comments on “7 Fakta Fenomena “ALAY”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: