Tinggalkan komentar

Tujuh Tembok yang Bersejarah di Dunia


Ada beberapa peninggalan bersejarah yang tersebar di seluruh dunia. Ada yang berbentuk bangunan, tugu, candi ataupun tembok. Berikut tujuh tembok yang besejarah di dunia.

  1. Tembok Berlin – Jerman

    Tembok Berlin adalah sebuah tembok perbatasan yang memisahkan yang memisahkan Berlin barat dan Berlin Timur. Tembok ini didirikan pada tanggal 13 Agustus 1961 oleh pemerintah komunis Jerman Timur di bawah pimpinan Walter Urbich. Tembok yang sudah berdiri selama 28 tahun ini dihancurkan pada tahun 1989 bersamaan dengan berakhirnya perang dingin.

  2. Tembok Kremlin – Moscow

    Tembok dari bata merah ini sudah berdiri pada abad 15 dengan panjang temboknya lebih dari 2 km. Di Kremlin ada peninggalan lama seperti gereja-gereja dengan tempat pemakaman sar-sar Rusia.

  3. Tembok Barat / Tembok Ratapan – Yerusalem

    Tembok Ratapan adalah tempat yang dianggap suci oleh orang Yahudi dan muslim. Tempat ini adalah bait suci yang dibangun oleh Raja Salomon atau Sulaeman dengan panjang aslinya sekitar 485 meter dan sekarang hanya 60 meter, hancur ketika Israel diserbu tentara Romawi pada tahun 70 Masehi.

  4. Tembok Hadrian – Inggris

    Tembok Hadrian adalah sebuah tembok pertahanan yang terbuat dari batu dan tanah. Tembok ini dibangun pada zaman kekaisaran Romawi. Tembok ini melintasi Inggris Utara. Panjang tembok Hadrian diperkirakan bisa mencapai 117 km.

  5. Tembok Tzompantli – Meksiko

    Tembok Tzompantli yaitu tembok tengkorak yang berada di reruntuhan Citzen Itsa ,Meksiko. Sejarah tembok in memang menyeramkan, dijaman suku Maya berkuasa tengkorak korban ritual diletakkan di dalam tembok ini. Tembok ini sendiri dihiasi denga relief-relief tengkorak dan juga berbagai gambar mengenai ritual yang ada pada masa tersebut.

  6. Tembok Memorial Veteran Vietnam – Washington, Amerika Serikat

    Tembok yang selesai dibangun pada tahun 1982 ini mencantumkan 58.175 nama tentara Amerika yang gugur atau hilang selama perang Vietnam pada tahun 1959-1975. Tembok ini memang bukan tembok tertua, tapi tembok ini dikunjungi 3 juta pengunjung setiap tahunnya.

  7. Tembok Besar / Great Wall – China

    Tembok Besar China merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia yaitu 6.400 km dan tingginya 8 meter. Setiap 180 sampai 270 meter dibuat semacam menara pengintai. Dinding menara pengintai tersebut 11 sampai 12 meter. Tembok yang pembuatannya memakan waktu ratusan tahun ini bertujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari utara pada masa itu.

Demikianlah tujuh tembok bersejarah versi tanggulangsi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: