Tinggalkan komentar

Tujuh Daftar Bencana Alam Terbesar Berdasarkan Jumlah Korbannya Sepanjang Sejarah


Bencana alam mulai terjadi dimana-mana, baik bencana kecil seperti banjir di Jakarta hingga bencana gempa di Padang dan gunung berapi yang terjadi di Jogjakarta hingga adanya korban. Bencana alam dapat menelan korbannya hingga jutaan, berikut ini adalah daftar bencana alam terbesar berdasar jumlah korbannya.

  1. Sungai Kuning adalah sungai terbesar kedua di Cina. Sungai tersebut bersumber di daerah pegunungan Kuenlun di Tibet. Sungai ini disebut sungai kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya, selain itu sungai ini sering dijuluki sebagai kutukan bagi Cina karena seringnya menimbulkan banjir yang dahsyat. Banjir sungai kuning merupakan bencana alam terbesar yang pernah tercatat di tahun 1931 dengan memakan korban meninggal dengan perkiraan meninggal berjumlah dari 1-4 juta jiwa. Kematian disebabkan oleh beberapa hal, seperti tenggelam, penyakit, kelaparan hingga kekeringan. Sungai Kuning ini sering disebut Chinese Shorow karena jutaan orang telah dibunuh oleh banjir tersebut. Dataran yang rendah dikawasan banjir mengakibatkan penyebaran yang luas di dataran cina utara. Banjir ini mengakibatakan 2 juta orang kehilangan tempat tinggalnya.
  2. Pada tahun 1887 sungai kuning kembali membanjiri dan menghancurkan daerah wilayah cina. Korbannya berjatuhan antara 900 ribu sampai 2 juta jiwa. Selama berabad-abad para petani membuat bendungan-bendungan untuk menampung air hujan, tetapi di tahun tersebut hujan terjadi terus menerus selama berhari-hari hingga menyebabkan meluapnya air di dalam bendungan, dataran rendah cina lagi-lagi menyebabkan memudahnya menyebarnya banjir hingga ke tempat pertanian dan pusat perbisnisan. Selain dari banjir tersebut wabah penyakit dan kurangnya bahan makanan menyebabkan bertambahnya korban berjatuhan.
  3. Badai Siklon adalah sebuah jenis system tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum. Terjadinya tekanan rendah akibat dari pergeseran musim dapat menyebabkan terjadinya badai siklon. Badai siklon pula yang terjadi pada 12 November 1970 yang terjadi di Pakistan Timur sekarang disebut Bangladesh merupakan badai siklon dengan kematian terbanyak yang pernah terjadi. Korban berjatuhan hingga 500 ribu jiwa dalam badai ini terutama akibat banjir yang melanda badai dan banyak yang lebih rendah dari pulau-pulau delta Canges. Bencana ini adalah salah satu bencana deathless di masa modern. Dari bencana ini pemerintah Pakistan telah mendapatkan kritikan hebat perihal menangani pertolongan bencana alam, baik dari pihak pemimpin politik local di Pakistan timur sampai-sampai dari media internasional.
  4. Gempa bumi adalah suatu getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi disebabkan oleh pergerakan kerak bumi. Di tahun 1556 gempa bumi terjadi di Xian Xi, Xian Xi merupakan provinsi di Cina dan merupakan provinsi kaya akan situs-situs bersejarah dikarenakan provinsi ini menjadi pusat politik dan kebudayaan ribuan tahun lalu. Gempa bumi tersebut memakan korban terbanyak yang pernah tercatat yaitu sekitar 830 ribu jiwa walaupun beberapa ahli menolak dengan jumlah tersebut. Gempa yang terjadi pagi hari tanggal 14 Februari 1556 lebih dari 97 kabupaten terkena dampaknya. Area sebesar 840 km telah hancur dan 60% populasi telah mati. Di jaman tersebut kebanyakan orang tinggal di gua buatan, di tebing-tebing dan banyak gua tersebut runtuh saat gempa terjadi hingga membuat banyak orang tertindih dan tewas seketika. Dikatakan akibat dari gempa ini gunung-gunung dan sungai-sungai berubah posisinya, jalan-jalan hancur, dataran menyembul keluar hingga membuat perbukitan baru berdasarkan data geologi besarnya gempa yang berkisar 8 skala rihter.
  5. Di tahun 1839 gelombag air pasang besar diakibatkan oleh siklon. Puluhan pelabuhan di kota Koringga yang tidak seluruhnya dibangun kembali, 20 ribu kapal di teluk yang hancur dan 300 ribu jiwa meninggal. Badai ini bukanlah pertama kalinya di Koringga, di tahun 1789 terjadi 3 gelombang yang disebabkan oleh topan dimana telah menghancurkan pelabuhan di muara sungai Gangat. Banyak kapal-kapal yang karam dan diperkiraan 20 ribu orang ternggelam.
  6. Banjir merupakan peristiwa terbenamnya dataran oleh air, banjir pada umumnya disebabkan oleh air sungai yang meluap ke lingkungan sekitarnya akibat curah hujan yang tinggi. Banjir pernah terjadi di Kaipeng, dimana sebuah kota di provinsi di Hannan Timur,People of the Public of China yang terletak di sepanjang selatan garis sungai kuning. Negara yang dikenal dengan makanan khasnya yang beraneka ragam dan menjadi tempat untuk melewatkan malam dengan keluarga pernah mengalami banjir di tahun 1942 oleh tentara Mi dengan air dari sungai kuning untuk mencegah pemberontak petani dari Li Sui Cheng. Kira-kira setengah dari 600 ribu jiwa penduduk Kaipeng dibunuh oleh banjir, bencana kelaparan dan juga sampar yang membuatnya menjadi salah satu penyebab kematian terbesar dalam sejarah. Banjir ini menjadi bencana alam terbesar karena peran serta sungai Huang Hei.
  7. Gempa bumi Tansan merupakan salah satu gempa terbesar pada jaman modern dan menelan korban terbanyak. Adalah sebuah kota industry dengan     sekitar 1 juta penduduk, gempa bumi yang terjadi pagi hari tanggal 27 Juli 1976 pukul 03.42′.53″ waktu setempat dan berlangsung selama sekitar 15″. Pemerintah Cina mencatat kekuatan gempa sekitar 7.8 skala rihter tapi ada beberapa sumber mencatat 8.2 skala rihter dan itu adalah gempa pertama dalam sejarah terkini. Pada saat itu pemerintahan RRC menolak bantuan dunia internasional dan dikritik lambatnya penanganan. Keadaan ini turut menyumbang perubahan politisi hingga pada akhirnya mengakhiri revolusi budaya bangsa cina yang tertutup.

Demikianlah tujuh daftar bencana alam terbesar berdasarkan jumlah korbannya sepanjang sejarah versi tanggulangsi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: