Tinggalkan komentar

Fakta-Fakta DiBalik Si Bulat Lonjong


Boleh jadi telur merupakan salah satu makanan favorit manusia. Hampir semua makanan menggunakan bahan baku telur atau sekedar menggunakannya sebagai pelengkap. Di balik gunanya, ternyata ada beberapa fakta menarik yang belum diketahui banyak orang.

  1. Untuk dapat menetas , telur harus berada pada suhu yangn hangat, minimal 105 derajat fahrenheid. Jika terlalu dingin, cairan di dalam telur akan mengalami gangguan kontraksi yang menyebabkan tak terciptanya janin.
  2. Warna putih telur menunjukkan keadaan telur beserta usianya. Jika warna putih telur sedikit berawan, berarti telur dalam keadaan segar. Jika warna putih telur berwarna putih cerah, berarti telur mengalami sedikit penuaan. Dan jika warna putih telur berwarna merah muda, berarti telur mengalami pembusukan.
  3. Rata-rata ayam betina bertelur sebanyak 250-270 butir per tahun. Angka ini didasarkan pada keadaan normal ayam dengan kondisi dimana makanan tersedia serta lingkungan yang mendukung.
  4. China adalah pemasok telur terbesar di dunia. Hampir 50 persen telur yang ada di dunia ini dipasok dari China. Jumlah itu setara dengan 390.000.000.000 butir telur setiap tahunnya.
  5. Hampir semua telur di dunia ini diproduksi oleh ayam, yaitu sebanyak 84% dari seluruh telur di dunia. Sisanya yaitu 9% bebek, 3% puyuh, 1% burung, dan sisanya adalah unggas lainnya.
  6. Telur mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap. Terdiri dari Karbohidrat, protein, serta delapan macam asam amino, sehingga telur juga cocok untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  7. Telur lebih dulu ada dibandingkan ayam. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa sejak dahulu, dinosaurus sudah mengeluarkan telur. Sedangkan ayam adalah makhluk evolusi yang muncul jauh setelah dinosaurus punah.
  8. Telur sebenarnya mempunyai banyak lubang. Walaupun tak kasat masat, sebenarnya ada lubang-lubang kecil yang berada di daerah kerak pelindung. Fungsinya adalah agar makhluk yang ada di dalam telur bisa bernafas. Jumlah lubang pori-pori ini mencapai 17.000 lubang.
  9. Putih telur lebih banyak mengandung protein. Protein yang terkandung dalam putih telur sekitar 57 persen, 43 persen sisanya berada di dalam kuning telur.
  10. Telur ternyata bagus untuk pertumbuhan rambut. Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga membantu pertumbuhan rambut. Caranya, usapkan kuning telurnya pada bagian akar rambut. Dikabarkan, rambut akan lebih subur dan kebotakan akan menjauh dengan cara ini.

 

Artikel-artikel menarik lainnya hanya ada di www.tanggulangsi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: