Tinggalkan komentar

Kebakaran Mematikan di Shanghai, Puluhan Nyawa Melayang


“Api telah meluluhlantahkan bangunan tersebut di Shanghai, membunuh 42 orang”, ungkap laporan dari media.

Dan kurang lebih 90 orang lainnya luka-luka dari akibat terjebak dalam bangunan gedung yang terdiri dari 28 block tersebut di kota Cina, Xinhua memaparka.

Bangunan tersebut telah direnovasi ketika api pecah. TV China menayangkan orang-orang yang masih terjebak di sekitar bangunan ketika mereka menunggu untuk diselamatkan dari amukan api.

Pemadam kebakaran berjuang selama beberapa jam untuk mengendalikan api. Penyebab timbulnya kebakaran masih dalam penyelidikan, tapi saksi mengatakan api bersumber dari konstruksi bahan bangunan yang mudah terbakar dan api sangat cepat merembet membakar sekeliling gedung.

Lebih dari 80 pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Butuh waktu beberapa jam untuk memadamkan si jago merah, Laporan pada dini hari, Senin Sore 15 November 2010, Api sudah mulai dikendalikan.

Pengevakuasian Korban Selamat 

Si jago merah terlihat menjilati sisi bangunan, dan asap tebal menyelubungi kawasan ini hingga beberapa mil jauhnya akibat amukan dari api yang semakin membesar ini.

Beberapa dari korban selamat berhasil melarikan diri dengan cara menuruni tangga gedung, sementara yang lainnya harus berjuang melewati tebalnya asap hitam yang menutupi lorong-lorong tangga gedung.

Korban selama bernama Li Xiuyun, 61, mengatakan bahwa ia memecahkan kaca gedung dengan kakinya untuk melarikan diri dari lantai 16 bersama suami, anak dan cucunya.

“Anak saya melepaskan kaus kakinya dan merandamnya dengan air, lalu kita menggunakannya untuk menutupi hidung kita”,  kata Ms Li.

Tayangan televisi menggambarkan orang-orang berjuang untuk keluar dari kepulan asap hitam dari dalam gedung, dan petugas rescue diturunkan dari helikopter untuk turun menyelamatkan para korban.

Korban yang selamat dari api telah mencari teman atau kerabatnya yang mungkin hilang di  rumah sakit-rumah sakit.

Seseorang yang tinggal di bangunan berkata, “Semua teman dan kerabat-kerabat saya telah dibawa ke rumah sakit-rumah sakit yang berbeda. Sebagai anggota keluarga, apa yang dapat saya lakukan dalam situasi seperti ini? Bagaimana saya bisa tenang? Saya punya satu pemikiran yang harus saya ungkapkan – Saya meminta Partai Komunis untuk datang dan membantu secepatnya.”

Koresponden mengatakan banyak orang yang terperangkap di bagian atas bangunan, dan itu bisa diketahui dari banyaknya jumlah orang yang meninggal beberapa saat kemudian.

Petugas rescue masih menyisiri puing-puing kebakaran untuk mecari korban.

Bangunan tersebut sebelumnya adalah rumah bagi sejumlah guru yang sudah pensiun, dan pejabat kota mencatat ada 156 kepala keluarga di bangunan ini.

Televisi Shanghai mengatakan korban selamat telah dievakuasi ke stadion terdekat yang telah dibangun oleh badan penanggulangan bencana.

 Salah satu dari hub komersial di China, Shanghai telah memiliki 20 M penduduk dan terlihat hiruk-pikuknya pembangunan dalam beberapa tahun terakhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: