Tinggalkan komentar

Tujuh Kura-Kura Eksotis Terunik di dunia


Kura-kura, merupakan salah satu reptil yang sangat populer di dunia, diantaranya ada yang dijadikan sebagai hewan peliharaan namun tak jarang untuk dikonsumsi sebagai makanan. Beberapa spesies mempunyai pesonanya sendiri dengan warna dan bentuknya yang aneh. Kali ini tanggulangsi.com punya tujuh kura-kura eksotis terunik di dunia,

  1. Black Knobbed Map Thurtle

    Kura-kura terunik pertama adalah kura-kura Black Knobbed Map. Kura-kura jenis ini merupakan salah satu spesies kura-kura yang berasal dari Amerika Serikat. Spesies ini menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan berjemur di pohon-pohon tumbang dang mampu melompat dengan cepat ke dalam air saat dirinya merasa terancam. Mereka mencari perlindungan di dasar sungai dan diantara cabang-cabang pohon yang tumbang.

  2. Kura-kura Leher Panjang

    Selanjutnya…spesies kura-kura leher panjang. Kura-kura ini tidak hanya aneh karena penampilannya saja tetapi juga karena sebagai sifatnya. Ketika merasa terancam, reptil dengan nama lain eastern long neck thurtle ini akan memancarkan bau dari cairan kelenjar insutri. Untuk itulah sebabnya kura-kura ini juga dikenal sebagai binatang yang buruk tabiatnya. Dan fitur yang paling khas dari leher yang sangat panjang ini adalah kenis kura-kura berleher samping yang artinya kura-kura ini membengkokan kepalanya ke samping baru dimasukan ke dalam tempurung, bukan langsung menariknya kembali.

  3. Kura-kura Mata-Mata (Chelus Fimbriatus)

    Yang tak kalah unik adalah kura-kura mata-mata, dinamakan kura-kura mata-mata karena hewan ini bisa menyamar. Reptil jenis ini memiliki cangkang yang menyerupai sepotong kulit kayu dan kepalanya menyerupai daun-daun berguguran, sehingga sangat sulit untuk ditemukan apalagi ditambah dengan rupanya yang unik serta persamaan oleh lingkungan sekitarnya. Reptil yang tinggal di air ini merupakan hewan carnivora yang suka makan ikan serta memilik moncong yang bisa mencapai permukaan untuk bernafas. Kebanyakan spesies ini tinggal di kolam stagnant mulai dari Bolivia Utara, Timur Peru, Ekuador, Colombia Timur, Venezuela, Guyana dan Brazil. Kura-kura mata-mata bisa tumbuh hingga 60 cm dan bisa hidup 40 hingga 75 tahun, bahkan beberapa ada yang bisa hidup hingga 100 tahun jika diperlihara dengan benar.

  4. Cantor’s Giant Soft – Shelled Thurtle (Pelochlys Cantorii)

    Lanjur ke kura-kura Cantor’s Giant Soft – Shelled, reptil yang tampak aneh ini merupakan salah satu spesies kura-kura air tawar bercangkang lunak yang bercirikan memiliki kepala yang lebar dan mata yang kecil dekat ujung moncongnya. Kura-kura ini dapat tumbuh hingga 6 meter panjangnya dan beratnya lebih dari 50 kg. Kura-kura ini menghabiskan 95% hidupnya terkubur dalam pasir dengan hanya mata dan moncong yang menonjol keluar. Mereka hanya ke permukaan 2 kali dalam sehari untuk bernafas lega dan salah satu jenis family kura Soft – Shelled Cina memiliki warna seperti kura albino yang juga merupakan salah satu spesies kura-kura Shoft – Shelled terbesar di bumi, bahkan sup kura-kura yang terkenal di cina terbuat dari jenis ini.

  5. Platysteron Megacepalus

    Ada juga reptil unik yang diberi nama Platysteron Megacepalus atau kura-kura berkepala besar. Selain model kepala yang sangat besar, kura-kura ini diketahui mampu memanjat dengan cepat, habitnya berada di dekat aliran sungai yang jernih.

  6. Common Snapping Thurtle ( Chelyora Serpentina)

    Pada tahun 2006 kura-kura terunik di dunia berjenis Common Snapping resmi dinyatakan sebagai binatang reptil khas negara bagian New York setelah populer diperdagangkan internasional. Hewan ini merupakan jenis kura-kura air tawar terbesar daripada yang biasa ditemukan di Canada dan Meksiko. Secara umum biasa dikenal sebagai kura-kura raksasa. Di dalam beberapa tahun belakangan ini Common Snapping terus diburu untuk dijadikan sup kura-kura. Padahal usia kura-kura ini hanya mampu hidup sampai 47 tahun di penangkaran, sedangkan usia individu liar diperkirakan hanya mampu hidup sekitar 30 tahun saja.

  7. Alligator Snapping Thurtle

    Yang terakhir adalah kura-kura Alligator Snapping. Reptil ini adalah salah satu jenis kura-kura air tawar terunik dan terbesar di dunia, spesies ini akan memakan apapun yang ditemukannya dan juga diketahui mampu membunuh ular, buaya, dan bahkan kura-kura selain sejenisnya. Jenis kelamin bayi kura-kura ini tergantung pada temperatur dimana telur-telur mereka diinkubasi.

    Itulah ketujuh kura-kura terunik di dunia versi tanggulangsi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: