Tinggalkan komentar

Tujuh Tempat Terekstrim di Dunia


Banyak tempat di dunia ini yang ternyata memiliki keunikan yang tidak ada di belahan bumi lainnya. Itulah yang menjadikan tujuh tempat berikut ini menjadi daerah terkestrim di dunia.

  1. Air terjun Tertinggi – Venezuela

    Inilah tempat terekstrim di dunia pilihan tanggulangsi.com yang pertama, Angels Falls atau Salto Angel di sebuah anak sungai Rio Caroni, Venezuela. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan tinggi 984 meter. Nama air terjun ini didasari nama penemunya yaitu seorang penerbang Amerika, James Clovert Angel, yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas pada tahun 1937. Namun, sejak Hugo Saffes menjadi presiden Venezuela tahun 1999, Angels Falls diganti namanya menjadi Kerepaku paimeru seperti yang dinamai suku Indian Pemon, suku asli disana. Kerepaku paimeru sendiri berarti air terjun dari tempat yang terdalam.

  2. Daerah Terpanas – Iran

    Tempat ekstrim kedua di dunia adalah gurun Lux Desert yang terletak di Iran. Sebenarnya Iran memiliki musim panas dan musim dingin, bahkan suhu terpanasnya sendiri rata-rata hanya 38 derajat Celcius. Namun justru di Iranlah terdapat tempat terpanas di bumi karena suhu terpanas di Lux Desert ini mampu mencapai 71 derajat Celcius. Berdasarkan analisa Badan Antariksa Amerika, NASA, temperatur di gurun Lux Desert adalah tempat terpanas yang pernah tercatat di muka bumi. Wilayah yang seluas 480 km ini disebut Gaindamberia.

  3. Daerah Terdingin – Rusia

    Di urutan kedua tadi adalah tempat terpanas di dunia, kali ini adalah tempat terdingin di dunia, yaitu Omiacon di Rusia. Omiacon adalah sebuah desa di Omiacon SailUlus Rusia, letaknya di sepanjang sungai Idigrica. Populasi manusia di desa tersebut hanya 800 orang. Musim dingin di sini terhitung sangat lama, yaitu kurang lebih selama 9 bulan. Omiacon dikenal juga sebagai salah satu calon kutub utara dini, karena sejak 26 Januari 1926 temperatur di sana mencapai hingga minus 71,2 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan suhu terendah yang pernah ada di setiap lokasi yang dihuni secara permanen di bumi.

  4. Daerah Terkering – Antartika

    Tempat terkekstrim ke-empat adalah tempat terkering di bumi, tepatnya di salah satu daerah di Antartika yang dikenal sebagai lembah kering. Terletak di Trans Antartika Range dan berhubungan dengan daerah pegunungan dimana lembah ini tidak pernah ada curah hujan selama lebih dari 2 juta tahun. Lembah kering tidak mengandung uap air, air, es, atau salju karena di lembah kering ini terdapat angin yang mampu menguapkan semua kelembapan. Lembah ini adalah satu-satunya bagian dari benua Antartika yang tanpa es.

  5. Daerah Laut Terdalam – Samudra Pasifik

    Tempat yang lain yang juga ekstrim adalah daerah laut terdalam Palung Mariana. Palung terdalam di dunia ini adalah suatu tempat yang terletak di dasar barat laut samudra pasifik, tepatnya sebelah timur kepualan Mariana, dekat dengan Filipina dan Jepang. Lokasi terdalamnya berada di kerak bumi dan dasar titik terendah di muka bumi yaitu 10.924 meter di bawah pernukaan laut. Palung ini pertama kali diteliti pada tahun 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Challenger Deep. Sedangkan satu-satunya peneliti yang pernah mengeksplorasi tempat terdalam ini adalah Jacos Beakart dan Down Watch. Di tempat tersebut mereka turun sejauh 7 mill ke bawah, sementara di sekeliling mereka terjadi 8 ton tekanan. Jacos dan Down mengamamti ikan, udang, dan makhluk lainnya masih mampu hidup di bawah dasar laut.

  6. Tempat Terbasah – Colombia

    Lanjut ke tempat terbasah di dunia terdapat di Yora, Colombia. Pada dasarnya Colombia memiliki curah hujan tertinggi di dunia bahkan curah hujan terjadi pada musim pancaroba. Orang-orang yang tinggal di sana menghasilkan uang dengan menebang pohon-pohon di hutan terdekat, dimana mereka dapat mengandalkan hujan setiap hari. Tempat terbasah lainnya yang ada di bumi adalah Cherraphunje, utara timur India. Di sini curah hujan memang tinggi, tetapi tidak seperti Colombia dimana hujan turun sepanjang tahun.

  7. Tempat Terisolasi – Inggris

    Tempat terekstrim terakhir adalah pulau terisolasi dunia, Tristain di Queenhay di Inggris. Pulau ini adalah pulau berpenghuni paling terisolasi di bumi. Pulau yang sangat kecil ini tidak memiliki landasan, disana hanya ada rumah untuk 272 orang yang terdiri dari 8 nama keluarga. Sayangnya penduduk disana turun-temurun menderita keluhan seperti Asma dan Glukoma. Pulau ini menjadi bagian Britania Raya sejak 1800-an. Unutk kehidupan sehari-hari, mereka dapat memesan barang secara online, namun membutuhkan waktu yang sangat lama sampai pesanan mereka datang.

Itulah Tujuh daerah terekstrim di dunia versi Tanggulangsi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: