Tinggalkan komentar

Tujuh Tumbuhan Terunik Di Dunia


Tanaman merupakan salah satu pelengkap hidup yang paling penting bagi kehidupan di bumi, salah satunya menyediakan oksigen untuk manusia dan hewan. Di dunia ada beberapa spesies tanaman yang memiliki karakteristik yang aneh dan beberapa diantaranya sangat langka. Berikut adalah tujuh tumbuhan terunik di dunia dan empat diantaranya berada di Indonesia.

  1. Welwitschia Mirabilis

    Tanaman unik pertama adalah Welwitschia Mirabilis tanaman dengan daya tahan luar biasa ini sebenarnya memiliki bentuk yang aneh namun unik. Tanaman ini berasal dari namibia, itulah sebabnya gambar Welwitschia ada di lambang negara Namibia. Tanaman ini hanya memiliki dua daun dan sebuah batang dengan akarnya. Dua daun itu akan terus tumbuh membesar mirip alien, sedangkan batangnya akan membesar bukan meninggi. Tanaman ini akan tumbuh hingga bisa mencapai lebar 8 meter dan tinggi 2 meter. Luar biasanya umur Welwitschia Mirabilis bisa mencapai 400 hingga 1500 tahun dan tidak akan meti meski tidak ada hujan selama 5 tahun.

  2. Dionaea Muscipula

    Atau yang dikenal dengan Venus si perangkap lalat, tanaman ini merupakan tanaman karnivora yang paling dikenal karena memiliki perangkap alami uniknya yang aktif dan efisien. Dua daun yang menempel pada tanaman ini dipenuhi oleh bulu-bulu ultra sensitive yang mendeteksi keberadaan apa saja dari semut, lalat, atau jenis serangga lainnya. Begitu ada yang menyentuh bulunya, perangkapnya akan bekerja dalam waktu kurang dari 10 detik.

  3. Raflesia Arnoldi

    Bunga terbesar di dunia ini merupakan bunga yang sangat langka dan bisa ditemukan di Bengkulu. Tumbuhan yang memiliki 27 spesies itu dinamai Raflesia karena ditemukan oleh Thomas Stamford Rafles. Tumbuhan bunga parasit ini bisa mencapai diameter 1 meter dengan berat mencapai 7 sampai 11 kilogram. Satu-satunya bagian tumbuhan raflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima berwarna merah. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan tetapi masa mekarnya hanya 5 sampai 7 hari. Sampai saat ini Raflesia Arnoldi tidak pernah berhasil dikembangbiakan di luar habitat aslinya. Dan apabila akar atau pohon inangnya mati Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu, Raflesia Arnoldi membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup. Saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat namun baunya yang sangat khas itulah yang justru dapat mengundang serangga penyerbu datang dan itu membuatnya dapat beregenerasi.

  4. Desmodium Gyrans

    Atau banyak disebut orang rumput menari. Dalam daun dan akarnya terdapat zat triptamin alkaloid yang menyebabkan bunga yang dihasilkannya berupa bunga umum kecil. Tanaman ini disebut tanaman menari karena daunnya bisa bergerak seperti menari atau seperti gerakan kode semafore. Tanaman ini mudah tumbuh hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit. Desmodium Gyrans akan menari-nari pada saat banyak sinar matahari atau dalam keadaan kering.

  5. Amorphophallus Titanium

    Bunganya sangat besar dan tinggi, bisa lebih tinggi dari seorang pria dewasa. Bentuknya seperti tongkol yang dikelilingi oleh bunga yang juga berukuran besar. Tanaman yang dapat ditemukan di daerah Bengkulu ini biasanya tumbuh pada lahan-lahan miring seperti di tepi sunga, pada tempat terbuka dan kadang ditemukan juga di kebun-kebun kopi. Seperti Raflesia Arnoldi, Amorphophallus Titaium juga dapat mengeluarkan aroma bau busuk yang sangat menyengat. Bunga ini merupakan fenomena langka dan berkembang biak berkat bantuan dari serangga penyerbu yang datang karena baunya.

  6. Baobab

    Tanaman terunik lainnya adalah Baobab yang berasal dari Madagaskar, Afrika. Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon botol, alasan julukan itu bukan hanya karena bentuknya yang memang mirip botol, tetapi pohon ini juga dapat menampung air dalam batang mereka dengan kapasitas di atas 120 liter untuk bertahan hidup dan tidak heran jika sepesies dengan tinggi antara 5 sampai 25 meter ini mampu berumur hinggga 500 tahun. Menuru seorang pakar di Indonesia, Baobab mempunyai kandungan nilai nutrisi tinggi yang berguna bagi kesehatan. Antara lain buah dari pohon tersebut mengandung vitamin C bahkan mencapai 6 kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam jeruk. Selain itu kadar kalsiumnya lebih banyak juga dari yang terdapat di susu. Begitu juga dengan daunnya, daun baobab dipergunakan untuk bahan lalab atau sayur yang mengandung mineral sangat tinggi.

  7. Mimosa Pudica/Putri Malu

Tanaman terunik lainnya adalah Mimosa Pudica atau yang dikenal dengan nama tanaman putri malu. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan Amerika Selatan. Tanaman yang seperti memiliki perasaan ini memiliki keunikan, pada saat disentuh atau digoyangkan daun-daunnya akan menguncup dan akan membuka kembali dalam beberapa menit. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan pada tulang daun dan transalat tersebut juga bisa dirasakan daun lainnya yang tidak ikut tersentuh. Tanaman ini juga menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit. Tanaman putri malu juga menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat, karena dengan menunjukkan warna yang pucat, hewan yang tadinya ingin memakan tumbuhan ini akan mengira ia telah layu dan tidak berniat lagi untuk memakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: