Tinggalkan komentar

Tujuh Ikan Terbesar di Dunia


Bagi anda papra pencinta ikan, mungkin anda harus menyimak informasi yang berikut ini. Ternyata di perairan yang terbentang luas terdapat beberapa ikan yang mempunyai ukuran tidak biasa. Inilah tujuh ikan terbesar di dunia versi tanggulangsi.com

  1. Paus Biru

    Ikan yang mempunyai nama lain Balenoptira Mascullus ini adalah mamalia laut yang panjangnya hampir 100 meter dan mempunyai berat sekitar 200 ton. Walaupun berbadan besar, namun paus biru memakan makhluk-makhluk kecil yang disebut Krill dan dalam sehari ia sanggup memakan hingga 12.000 pon krill. Hewan yang habitatnya berada di laut lepas ini sebelum abad 20 jumlahnya sangat berlimpah dan hampir berada di seluruh samudra, tetapi mulai tahun 1960 Paus Biru menjadi makhluk perburan yang sangat digemari sehingga keberadaannya hampir punah. Dahulu jumlahnya sekitar 200 ribu ekor di lautan seluruh dunia, tetapi sekarang hanya sekitar 5.000 ekor saja.

  2. Whale Shark atau Hiu Paus

    Ikan yang satu ini merupakan hiu tebesar di dunia. Meskipun besar, ia bukanlah hiu pemangsa sama seperti yang lain, makanannya hanya plankton, krill,ikan-ikan kecil dan cumi-cumi. Mereka adalah hiu yang bergerak lambat dengan kecepatan tidak melebihi 5 km per jam. Panjangnya dapat mencapai 14 meter dengan berat 15 ton. Whale Shark memiliki mulut yang besar, lebarnya mencapai 1,4 meter dengan 3.000 gigi yang sangat kecil. Ia dapat menyaring makanannya yang sangat kecil melalui insang yang sangat besar dengan cara membuka mulutnya lebar-lebar ketika berenang. Saat ia membuka mulut 6.000 liter air dapat disaring olehnya. Pada saat usia 30 tahun Whale Shark mencapai tahap kematangan dimana pada umur tersebut ia sudah dapat ber-reproduksi. Umur Whale Shark dapat mencapai 1 sampai 150 tahun.

  3. Ikan Pari

    Di Thailand telah ditemukan seekor ikan pari raksasa jenis Thinkray. Beratnya diperkirakan mencapai 450 kg, lebar bentangan tubuhnya sekitar 2 meter, dan panjangnya mencapai 2,1 meter. Saat ditemukan ekornya tidak ada, jika termasuk ekornya diperkirakan total panjang ikar pari itu sekitar 5 meter. Ikan tersebut ditangkap pada 28 Januari 2009 dalam sebuah ekspedisi yang dilakukan oleh National Geographic di Thailand. Penangkapan dipimpin oleh ahli biologi dari Universitas Nevada, Dave Hougler. Ekspedisi tersebut merupakan bagian dari proyek pencarian ikan raksasa Mega Fishes Project untuk mendokumentasikan 20 ikan air tawar terbesar di dunia.

  4. Ikan Arapaima

    Ia merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari sungai Amazon, Brazil. Ikan yang sekilas mirip ikan Arwana ini dapat tumbuh hingga 4,5 meter tapi hingga saat ini rata-rata mereka hanya berukuran sampai 2 meter. Hal itu dikarenakan ia sering ditangkap untuk dikonsumsi penduduk atau diexpor ke negara lain, sehingga umurnya lebih pendek dan keberadaannya pun menjadi langka. Arapaima memakan ikan kecil kelas Tayceae dan hewan kecil apapun yang bisa masuk ke dalam mulut mereka. Salah satu ciri menarik dari ikan ini adalah menghirup oksigen dari udara agar dapat bertahan hidup. Hewan yang tidak menimbulkan bahaya bagi manusia ini ternyata terdapat juga di Indonesia tepatnya di Sumatra Barat. Awalnya ikan ini dibawa dari sungai Amazon sewaktu masih sangat kecil dan kemudian dipelihara. Sekarang ikan ini telah mencapai panjang 2,5 meter dengan berat 152 kg.

  5. Ikan Lele (Goonch Cat Fish)

    Dalam suatu penelitian bawah air India telah ditemukan ikan Goonch Cat Fish. Dengan menggunakan seonggok kayu bakar yang disusun seolah-olah merupakan bekas kremasi jasad orang meninggal, ternyata berhasil membuat ikan ini keluar dari persembunyiannya. Goonch Cat Fish yang ditangkap memiliki panjang 1,8 meter dan berbobot 75,5 kg. Berdasarkan keterangan penduduk, para peneliti menyimpulkan bahwa ikan lele ini telah bermutasi menjadi berselera terhadap daging manusia. Di duga ikan tumbuh menjadi raksasa setelah terus mengkonsumsi daging setengah matang sisa-sisa jasad manusia yang dilarung dan tenggelam di dasar sungai yang melintang di perbatasan antara Nepal dan India utara.

  6. Ikan Mas

    Jika melihat ikan mas yang satu ini pasti anda terpukau karena ukurannya yang sangat besar serta warnanya yang berkilau. Saat ditemukan di sungai Gong Liau setelah terjadi tsunami tahun 2005, ia telah menjadi ikan mas terbesar di dunia. Menurut berita yang beredar, siapapun yang memiliki ikan tersebut dipercaya dapat membawa rejeki dalam dunia bisnis dan akan kaya. Oleh karena itulah, banyak penduduk Taiwan berbondong-bondong mencari keberadaannya. Ikan mas yang akhirnya dimiliki oleh pengusaha kaya Taiwan itu memiliki panjang sekitar 80 cm dengan berat 50 kg.

  7. Ikan Goliath Tigerfish

    Ikan ini ditemukan oleh Jeremy Way, pembawa acara river monster show yang juga seorang pemancing asal inggris. Selama 8 hari di tepi sungai, ia akhirnya berhasil menangkap ikan raksasa yang merupakan spesies dari piranha di sebuah sungai di Quanghouw, Afrika. Ikan yang disebut sebagai Goliath Tigerfish itu memiliki berat 80kg dan panjang sekitar 1,5 meter. Tigerfish raksasa dipercaya sebagai ikan air tawar yang lebih ganas daripada Piranha. Giginya yang berjumlah 32 seukuran dengan gigi yang dimiliki hiu putih. Ia juga dikenal kerap menyerang manusia bahkan memangsa buaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: