Tinggalkan komentar

Tujuh negara yang mempunyai tentara terbanyak


Tentara adalah salah satu unsur terpenting sebuah negara mengingat tentara merupakan penjaga kedaulatan serta penjaga wilayah di suatu negara tersebut. Berikut adalah tujuh negara yang mempunyai tentara terbanyak versi tanggulangsi.com

  1. Pakistan

    Negara yang dipimpin oleh Presiden Asif Ali Dardari ini mempunyai kekuatan militer sebanyak 600ribu lebih tentara. Pakistan pun secara terang-terangan menolak tekanan Amerika Serikat dan negara-negara lain dalam menjalankan operasi militernya. Tetapi untuk latihan bulan April 2011, Pakistan akan mengadakan latihan militer bersama Afghanistan dan Turki. Latihan sebagai upaya dalam membangun jembatan antara negara tetangga Kabul dan Islamabad yang sedang menghadapi kesulitan.

  2. Korea Selatan

    Negara yang termasuk Asia Timur ini mempunyai jumlah pasukan militer sebanyak 687ribu lebih ditambah pasukan cadangan sebesar 4 setengah juta orang. Dari segi peralatan militer yang dimiliki Korea Selatan bisa dibilang termasuk yang terhebat. Di tahun 2008 silam saja Korea Selatan berhasil meluncurkan satelit komunikasi militer pertamanya yang didanai oleh pemerintah. Karena itulah, Korea Selatan selalu menganggarkan dana pengeluaran militer yang sangat tinggi. Selain itu, tim militer Korea juga secara aktif melakukan latihan militer bersama salah satunya adalah bersama Amerika yang menuai portes keras dari aktivis anti perang Korea Selatan dan Korea Utara.

  3. Rusia

    Negara terluas di dunia ini memiliki tentara sekitar 1 juta lebih. Dalam hal prioritas keamanan nasional, Rusia tidak bisa dipandang dalam sebelah mata bahkan khusus untuk kawasan Eropa Barat, Rusia merupakan ancaman yang paling berbahaya. Secara positif, bangkitnya kekuatan militer Rusia ini dapat mengimbangi negara-negara maju lainnya bahkan hingga tahun 2015 mendatang negara yang dulunya bernama Uni Soviet ini akan melakukan modernisasi menyeluruh angkatan bersenjatanya. Hampir setiap tahunnya Rusia mengadakan latihan militer, dan salah satu latihan militer terbesar dilakukan Rusia pada tahun 2010 lalu. Latihan militer ini melibatkan sekurang-kurangnya 20ribu prajurit, 70 buah pesawat tempur, 30 kapal perang dan 2.500 pucuk senjata serta perlengkapan militer khusus lainnya.

  4. Korea Utara

    Korea Utara memiliki 1,1 juta pasukan dengan jumlah pasukan cadangan 4,7 juta orang. Angkatan bersenjata Korea Utara juga menerapkan doktrin flexible ala militer Rusia, yaitu menentukan keputusan para petinggi serta merencanakan sistem perang dengan rinci sekaligus mendorong flexibilitas operasional dan inisiatif. Korea Utara juga mempunyai anggaran pertahanan tahunan sekitar $ US 1,5 milyar atau sekitar Rp 13,6 Trilyun untuk mendukung kekuatan militer. Selain itu dari segi peralatan militer Korea Utara cukup lengkap, bahkan hal ini yang membuat cemas beberapa negara, salah satunya adalah Amerika.

  5. India

    India merupakan negara ketiga di dunia yang mempunyai kekuatan militer terbanyak. Jumlah tentara India mencapai 1,3 juta tentara ditambah dengan pasukan cadangan yang lebih banyak sekitar 2,1 juta. Angkatan bersenjata nasional India adalah angkatan bersenjata yang dibentuk oleh kaum Nasionalis India pada tahun 1942. Seakan tak mau kalah dengan negara-negara lain, tahun 2010 lalu secara besar-besaran Angkatan Bersenjata India. Menjalin kerjasama dengan Rusia yang meliputi pembangunan kapal selam bertenaga nuklir, membangun instalasi APM atau Anti Pelistis Misil dan pembangunan Arsenal Nuklir. Hal ini dilakukan India untuk menghadapi perang dan ancaman militer konvensional.

  6. Amerika

    Jumlah tentara Amerika kedua terbanyak di dunia yaitu sekitar 1,5 juta personil dengan jumlah tentara cadangannya sekitar 800ribu lebih. Tim militer Amerika termasuk pasukan yang cukup disegani di dunia, bahkan negara adidaya ini adalah termasuk negara yang sering melakukan latihan militer dengan negara-negara lain. Bukan hanya itu, disaat berperang dengan negara lain, tim militer Amerika selalu turun dengan kekuatan penuh. Hal ini dibuktikan saat pasukan Amerika dikirim ke Afghanistan dan Irak jumlah personil yang turun hampir 50%, hal ini menandai betapa kuatnya tim militer Amerika.

  7. China

    China merupakan negara berpenduduk paling banyak dan juga memiliki personil militer terbanyak di dunia yaitu sekitar 2,2 juta personil itupun belum ditambah dengan 800 ribu tentara cadangan. Untuk memperkuat tim militernya, pasukan tentara cina selalu rutin mengadakan latihan militer berskala besar seperti yang dilakukan pada tahun 2010 lalu. Angkatan bersenjata China melakukan uji coba menerbangkan pesawat pengintai tanpa awak, mencoba teknologi radar terbaru dan juga uji coba persenjataan baru salah satunya adalah rudal.

Itualah tujuh negara yang mempunyai tentara terbanyak versi tanggulangsi.com. Semoga dengan banyaknya tentara ini semakin menciptakan perdamaian di muka bumi, bukan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: