Tinggalkan komentar

The Power of Re-Notes, its Work!


Oleh: muzakka midiastono pada mindprogressor.wordpress.com

Pertanyaan: Saya tidak terlalu suka membuat rangkuman atau catatan , saya lebih suka mengertikan pelajaran itu dan mengingat intisari nya , menurut anda , cara yang saya pakai itu apakah cukup efektif? Jika belum efektif , apa solusinya?

Sebenarnya memang masing masing personal punya cara unik dalam belajar, termasuk anda kalo lebih suka mengingat dan mengartikan pelajaran yang dipelajari.

Akan tetapi dalam banyak tulisan saya, sering saya singgung tentang pentingnya merangkum atau menulis ulang dengan bahasa kita sendiri. kelebihannya sebagai berikut:

1. Merangkum dan menulis ulang mengajak kita untuk memperkuat ide yang didapat dari belajar, efeknya kita bisa lebih cepat menggali informasi.

Ketika merangkum, dengan bahasa sendiri, serabut otak dalam otak anda akan saling berkait dan menjalin koneksi, semakin kita sering me review atau membaca kembali rangkuman kita, maka koneksi ini akan semakin kuat, dan efeknya informasi yang terdapat di dalamnya akan mudah untuk di re call (baca mengingat kembali).

2. Merangkum dan menulis mempertajam memori prosedural (memori gerak) dengan menuliskan materi (yang akan muncul sebagai jawaban), maka kita akan lebih mudah mencari informasi yang dibutuhkan ketika ujian. Karena sebagian informasi tersimpan sebagai memori prosedural, berbeda ketika anda hanya menghafal atau hanya berusaha memahami bacaan.

3.Merangkum memudahkan kita dalam mencari subyek informasi secara mudah, karena kita menuliskannya dengan bahasa dan kode kita sendiri, sehingga menjadi semacam indeks sistem, yang akan mudah untuk diterjemahkan otak. Otak berbahasa dengan bahasa gambar atau visual, ketika kita mampu mengkonversi materi tersebut, maka otak punya “keyword” untuk melakukan “fast searching” di lautan informasi yang ada di otak.

Kalau anda memang sudah mantapp (PD) dalam menghafal dan mengerti sejak guru atau dosen menjelaskan, saya rasa teknik merangkum ini bisa dipakai untuk lebih menguatkan dan mengoptimalkan materi yang anda kuasai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: