Tinggalkan komentar

Bintang Tercepat


Menurut blogger sekalian, apa sih bintang tercepat di jagad ini?

Simulation of the formation of the first stars showing fast rotation

Simulation of the formation of the first stars showing fast rotation. (Credit: A. Stacy, University of Texas / Figure adapted from Stacy et al, 2011, MNRAS 413,1, 543)

 

Jawabannya adalah Bintang Putar atau Spinstars. Putaran rotasi mereka mencapai lebih dari sejuta per jam atau 1,6 juta km per jam. Bintang ini terbentuk 13,7 miliar tahun lalu setelah dentuman besar dan pernah menjadi bintang yang sangat besar.

Dampak spinstars generasi awal di alam semesta bermacam-macam. Rotasi cepat juga mempengaruhi sifat bintang lain, seperti warna, usia dan luminositasnya. Oleh karena itu, spinstars juga sangat mempengaruhi sifat dan tampilan pertama dari alam semesta. Eksistensi spinstars juga didukung oleh simulasi hidrodinamika mengenai pembentukan bintang pertama di alam semesta yang baru-baru ini dilakukan oleh kelompok riset independen.

“Skenario alternatif belum dapat dibuang. Tapi, kami yakin bahwa generasi pertama dari bintang masif adalah spinstars. Ini akan menawarkan penjelasan yang sangat elegan atas misteri yang muncul,” kata Cristina Chiappini. Sementara itu, salah seorang anggota tim, Urs Frischknecht, mahasiswa PhD di Basel University, sudah mengerjakan perluasan simulasi bintang untuk menguji skenario yang diusulkan.

 

Mereka mempelajari rasio elemen kimia yang ada pada kluster bintang NGC-6522. Kluster bintang ini dipilih karena mereka cukup tua untuk membentuk unsur kimia asli seperti yang dihasilkan oleh bintang yang hadir pada generasi pertama.

Selanjutnya, Chiapini berkesimpulan bahwa bintang-bintang generasi pertama ini sangat masif dan berotasi dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk mencapai derajat pencampuran elemen sehingga mereka bisa memproduksi elemen yang lebih berat.

Kalkulasi mereka mengindikasikan bahwa bintang-bintang generasi pertama ini berotasi kencang dengan kecepatan 500 kilometer per detik – atau 250 kali lebih tinggi daripada kecepatan matahari kita. Tak heran bila kemudian mereka menamakan bintang ini sebagai ‘Spinstars’. (tanggulangsi.wordpress.com – dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: